Top News

MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 2

 Satuan Pendidikan: Sekolah Dasar Kelas/Semester: II / 1 Mata Pelajaran: Matematika Bab: 1 (Bilangan dan Operasi Hitung) Alokasi Waktu: 8 x 35 menit (4 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: 1. Membaca dan menulis bilangan sampai 1.000 dengan benar. 2. Menentukan nilai tempat bilangan (satuan, puluhan, ratusan) sampai 1.000. 3. Membandingkan dua bilangan menggunakan tanda >, <, atau = dengan tepat. 4. Melakukan operasi penjumlahan bilangan sampai 1.000 tanpa dan dengan menyimpan. 5. Melakukan operasi pengurangan bilangan sampai 1.000 tanpa dan dengan meminjam. 6. Memahami hubungan antara penjumlahan dan pengurangan sebagai operasi invers.

B. Materi Pembelajaran

1. Bilangan sampai dengan 1.000 (membaca, menulis, nilai tempat) 2. Membandingkan bilangan (lebih dari, kurang dari, sama dengan) 3. Penjumlahan bilangan (tanpa dan dengan menyimpan)

4. Pengurangan bilangan (tanpa dan dengan meminjam)

5. Hubungan antara penjumlahan dan pengurangan

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan: Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, Mengomunikasikan)

Model: Discovery Learning, Problem Based Learning

Metode: Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan, Demonstrasi, Permainan Edukatif

D. Media dan Sumber Belajar

Media: Kartu bilangan, blok Dienes, gambar/ilustrasi, papan tulis, spidol, benda benda konkret di sekitar siswa.

Sumber Belajar: Buku Guru Matematika SD Kelas II Kurikulum Merdeka, Buku Siswa Matematika SD Kelas II Kurikulum Merdeka, lingkungan sekitar.

E. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1: Bilangan sampai dengan 1.000 (Membaca, Menulis, Nilai Tempat)

Pendahuluan (10 menit):

Guru menyapa siswa, berdoa, dan mengecek kehadiran.

Apersepsi: Mengingat kembali bilangan sampai 100 yang sudah dipelajari di kelas 1.

Motivasi: Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari bilangan besar.

Kegiatan Inti (50 menit):

Mengamati: Siswa mengamati contoh bilangan sampai 1.000 yang ditunjukkan guru (misal: melalui kartu bilangan atau tayangan).

Menanya: Siswa bertanya tentang cara membaca atau menulis bilangan yang lebih besar dari 100.

Mengumpulkan Informasi: Guru menjelaskan konsep nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan) menggunakan blok Dienes atau media konkret lainnya. Siswa berlatih membaca dan menulis bilangan sampai 1.000.

Menalar: Siswa mengerjakan latihan soal menentukan nilai tempat dan menulis bilangan.

Mengomunikasikan: Beberapa siswa maju ke depan untuk menuliskan bilangan yang disebutkan guru atau sebaliknya.

Penutup (10 menit):

Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Guru memberikan penguatan dan tugas rumah.

Doa penutup.

Pertemuan 2: Membandingkan Bilangan dan Penjumlahan (Tanpa Menyimpan)

Pendahuluan (10 menit):

Guru menyapa siswa, berdoa, dan mengecek kehadiran.

Apersepsi: Mengingat kembali materi bilangan sampai 1.000.

Motivasi: Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti (50 menit):

Mengamati: Siswa mengamati contoh perbandingan dua bilangan menggunakan benda konkret atau kartu bilangan.

Menanya: Siswa bertanya tentang penggunaan tanda >, <, atau =.

Mengumpulkan Informasi: Guru menjelaskan cara membandingkan bilangan dengan melihat nilai tempat terbesar terlebih dahulu. Guru memperkenalkan penjumlahan tanpa menyimpan menggunakan metode bersusun pendek.

Menalar: Siswa berlatih membandingkan bilangan dan mengerjakan soal penjumlahan tanpa menyimpan.

Mengomunikasikan: Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya.

https://docs.google.com/document/d/1794OfCfJT3Jb_Jvz67nYwpgTCG4aUuUolKPKNhmktys/edit?usp=sharing


Penutup (10 menit):

Guru bersama siswa menyimpulkan materi.

Guru memberikan penguatan dan tugas rumah.

Doa penutup.

Pertemuan 3: Penjumlahan (Dengan Menyimpan) dan Pengurangan (Tanpa Meminjam)

Pendahuluan (10 menit):

Guru menyapa siswa, berdoa, dan mengecek kehadiran.

Apersepsi: Mengingat kembali penjumlahan tanpa menyimpan.

Motivasi: Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti (50 menit):

Mengamati: Siswa mengamati contoh penjumlahan dengan menyimpan menggunakan blok Dienes atau media konkret.

Menanya: Siswa bertanya tentang konsep menyimpan dalam

penjumlahan.

Mengumpulkan Informasi: Guru menjelaskan langkah-langkah penjumlahan dengan menyimpan. Guru memperkenalkan pengurangan tanpa meminjam dengan metode bersusun pendek.

Menalar: Siswa berlatih penjumlahan dengan menyimpan dan

pengurangan tanpa meminjam.

Mengomunikasikan: Siswa saling memeriksa hasil pekerjaan teman.

Penutup (10 menit):

Guru bersama siswa menyimpulkan materi.

Guru memberikan penguatan dan tugas rumah.

Doa penutup.

Pertemuan 4: Pengurangan (Dengan Meminjam) dan Hubungan Penjumlahan-Pengurangan

Pendahuluan (10 menit):

Guru menyapa siswa, berdoa, dan mengecek kehadiran.

Apersepsi: Mengingat kembali pengurangan tanpa meminjam.

Motivasi: Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti (50 menit):

Mengamati: Siswa mengamati contoh pengurangan dengan meminjam menggunakan blok Dienes atau media konkret.

Menanya: Siswa bertanya tentang konsep meminjam dalam pengurangan.

Mengumpulkan Informasi: Guru menjelaskan langkah-langkah pengurangan dengan meminjam. Guru menjelaskan hubungan antara penjumlahan dan pengurangan (misal: 5+3=8, maka 8-3=5).

Menalar: Siswa berlatih pengurangan dengan meminjam dan

menyelesaikan soal cerita yang melibatkan hubungan penjumlahan pengurangan.

Mengomunikasikan: Siswa mempresentasikan penyelesaian soal cerita.

Penutup (10 menit):

Guru bersama siswa menyimpulkan materi.

Guru memberikan penguatan dan tugas rumah.

Doa penutup.

F. Penilaian (Evaluasi)

Penilaian Sikap: Observasi selama proses pembelajaran (kedisiplinan, kerja sama, keaktifan).

Penilaian Pengetahuan:

Tes tertulis (soal pilihan ganda, isian singkat, uraian) tentang

membaca/menulis bilangan, nilai tempat, membandingkan bilangan, penjumlahan, dan pengurangan.

Penugasan (lembar kerja siswa).

Penilaian Keterampilan:

Unjuk kerja (saat mempresentasikan hasil, menggunakan media). Portofolio (kumpulan hasil latihan dan tugas).

G. Refleksi Guru

Apakah tujuan pembelajaran tercapai?

Apakah semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran?

Kesulitan apa yang dialami siswa?

Apa yang perlu diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

H. Tindak Lanjut

Remedial: Bagi siswa yang belum mencapai KKM, diberikan pembelajaran ulang dan/atau tugas tambahan.

Pengayaan: Bagi siswa yang sudah mencapai KKM, diberikan soal-soal tantangan atau materi tambahan yang relevan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama