Satuan Pendidikan: Sekolah Dasar Kelas/Semester: II / 1 Mata Pelajaran: Matematika Bab: 1 (Bilangan dan Operasi Hitung) Alokasi Waktu: 8 x 35 menit (4 pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan
dapat: 1. Membaca dan menulis bilangan sampai 1.000 dengan benar. 2. Menentukan
nilai tempat bilangan (satuan, puluhan, ratusan) sampai 1.000. 3. Membandingkan
dua bilangan menggunakan tanda >, <, atau = dengan tepat. 4. Melakukan
operasi penjumlahan bilangan sampai 1.000 tanpa dan dengan menyimpan. 5.
Melakukan operasi pengurangan bilangan sampai 1.000 tanpa dan dengan meminjam.
6. Memahami hubungan antara penjumlahan dan pengurangan sebagai operasi invers.
B. Materi Pembelajaran
1. Bilangan sampai dengan 1.000 (membaca, menulis, nilai tempat)
2. Membandingkan bilangan (lebih dari, kurang dari, sama dengan) 3. Penjumlahan
bilangan (tanpa dan dengan menyimpan)
4. Pengurangan bilangan
(tanpa dan dengan meminjam)
5. Hubungan antara
penjumlahan dan pengurangan
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik
(Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, Mengomunikasikan)
Model: Discovery Learning,
Problem Based Learning
Metode: Diskusi, Tanya
Jawab, Penugasan, Demonstrasi, Permainan Edukatif
D. Media dan Sumber Belajar
Media: Kartu bilangan, blok Dienes, gambar/ilustrasi, papan
tulis, spidol, benda benda konkret di sekitar siswa.
Sumber Belajar: Buku Guru Matematika SD
Kelas II Kurikulum Merdeka, Buku Siswa Matematika SD Kelas II Kurikulum
Merdeka, lingkungan sekitar.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1: Bilangan sampai
dengan 1.000 (Membaca, Menulis, Nilai Tempat)
Pendahuluan (10 menit):
Guru menyapa siswa, berdoa,
dan mengecek kehadiran.
Apersepsi: Mengingat kembali bilangan sampai 100 yang sudah
dipelajari di kelas 1.
Motivasi: Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat
mempelajari bilangan besar.
Kegiatan Inti (50 menit):
Mengamati: Siswa mengamati contoh
bilangan sampai 1.000 yang ditunjukkan guru (misal: melalui kartu bilangan atau
tayangan).
Menanya: Siswa bertanya tentang cara
membaca atau menulis bilangan yang lebih besar dari 100.
Mengumpulkan Informasi: Guru menjelaskan konsep
nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan) menggunakan blok Dienes atau media
konkret lainnya. Siswa berlatih membaca dan menulis bilangan sampai 1.000.
Menalar: Siswa mengerjakan latihan soal menentukan nilai
tempat dan menulis bilangan.
Mengomunikasikan: Beberapa siswa maju ke depan untuk menuliskan
bilangan yang disebutkan guru atau sebaliknya.
Penutup (10 menit):
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Guru memberikan penguatan dan tugas
rumah.
Doa penutup.
Pertemuan 2: Membandingkan Bilangan dan Penjumlahan
(Tanpa Menyimpan)
Pendahuluan (10 menit):
Guru menyapa siswa, berdoa,
dan mengecek kehadiran.
Apersepsi: Mengingat kembali
materi bilangan sampai 1.000.
Motivasi: Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (50 menit):
Mengamati: Siswa mengamati contoh perbandingan dua bilangan
menggunakan benda konkret atau kartu bilangan.
Menanya: Siswa bertanya tentang penggunaan tanda >, <, atau =.
Mengumpulkan Informasi: Guru menjelaskan cara
membandingkan bilangan dengan melihat nilai tempat terbesar terlebih dahulu.
Guru memperkenalkan penjumlahan tanpa menyimpan menggunakan metode bersusun
pendek.
Menalar: Siswa berlatih membandingkan bilangan dan
mengerjakan soal penjumlahan tanpa menyimpan.
Mengomunikasikan: Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya.
![]() |
https://docs.google.com/document/d/1794OfCfJT3Jb_Jvz67nYwpgTCG4aUuUolKPKNhmktys/edit?usp=sharing |
Penutup (10 menit):
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi.
Guru memberikan penguatan
dan tugas rumah.
Doa penutup.
Pertemuan 3: Penjumlahan
(Dengan Menyimpan) dan Pengurangan (Tanpa Meminjam)
Pendahuluan (10 menit):
Guru menyapa siswa, berdoa,
dan mengecek kehadiran.
Apersepsi: Mengingat kembali
penjumlahan tanpa menyimpan.
Motivasi: Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (50 menit):
Mengamati: Siswa mengamati contoh penjumlahan dengan menyimpan
menggunakan blok Dienes atau media konkret.
Menanya: Siswa
bertanya tentang konsep menyimpan dalam
penjumlahan.
Mengumpulkan Informasi: Guru menjelaskan
langkah-langkah penjumlahan dengan menyimpan. Guru memperkenalkan pengurangan
tanpa meminjam dengan metode bersusun pendek.
Menalar: Siswa
berlatih penjumlahan dengan menyimpan dan
pengurangan tanpa meminjam.
Mengomunikasikan: Siswa saling memeriksa hasil pekerjaan teman.
Penutup (10 menit):
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi.
Guru memberikan penguatan
dan tugas rumah.
Doa penutup.
Pertemuan 4: Pengurangan (Dengan Meminjam) dan
Hubungan Penjumlahan-Pengurangan
Pendahuluan (10 menit):
Guru menyapa siswa, berdoa,
dan mengecek kehadiran.
Apersepsi: Mengingat kembali
pengurangan tanpa meminjam.
Motivasi: Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (50 menit):
Mengamati: Siswa mengamati contoh pengurangan dengan meminjam
menggunakan blok Dienes atau media konkret.
Menanya: Siswa bertanya tentang konsep meminjam dalam pengurangan.
Mengumpulkan Informasi: Guru menjelaskan
langkah-langkah pengurangan dengan meminjam. Guru menjelaskan hubungan antara
penjumlahan dan pengurangan (misal: 5+3=8, maka 8-3=5).
Menalar: Siswa
berlatih pengurangan dengan meminjam dan
menyelesaikan soal cerita
yang melibatkan hubungan penjumlahan pengurangan.
Mengomunikasikan: Siswa mempresentasikan penyelesaian soal cerita.
Penutup (10 menit):
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi.
Guru memberikan penguatan
dan tugas rumah.
Doa penutup.
F. Penilaian (Evaluasi)
Penilaian Sikap: Observasi selama proses
pembelajaran (kedisiplinan, kerja sama, keaktifan).
Penilaian Pengetahuan:
Tes tertulis (soal pilihan
ganda, isian singkat, uraian) tentang
membaca/menulis bilangan,
nilai tempat, membandingkan bilangan, penjumlahan, dan pengurangan.
Penugasan (lembar kerja
siswa).
Penilaian Keterampilan:
Unjuk kerja (saat
mempresentasikan hasil, menggunakan media). Portofolio (kumpulan hasil latihan
dan tugas).
G. Refleksi Guru
Apakah tujuan pembelajaran
tercapai?
Apakah semua siswa terlibat
aktif dalam pembelajaran?
Kesulitan apa yang dialami
siswa?
Apa yang perlu diperbaiki
untuk pembelajaran selanjutnya?
H. Tindak Lanjut
Remedial: Bagi siswa yang belum
mencapai KKM, diberikan pembelajaran ulang dan/atau tugas tambahan.
Pengayaan: Bagi siswa yang sudah
mencapai KKM, diberikan soal-soal tantangan atau materi tambahan yang relevan.
Posting Komentar